Home » » Apa itu FCTC ?

Apa itu FCTC ?

Apa itu FCTC - pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa sih fctc itu mungkin beberapa tahun belakangan ini semakin banyak terdengar. namun taukah sobat sekalian apa itu fctc ? pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa yang mungkin menjadi pertanyaan di benak anda tentang fctc. sedikit pengantar bahwa fctc merupakan sebuah perjanjian untuk mengendalikan rokok. berikut penjelasan lengkapnya.


1.APA ITU FCTC?

FCTC (Framework Conventon on Tobacco Control) adalah perjanjian internasional  tentang kesehatan masyarakat  yang dibahas dan disepakati oleh 192  Negara-negara  anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), termasuk Indonesia pada tahun 2003.
Bertujuan untuk melindungi generasi kini dan mendatang dari dampak konsumsi dan paparan asap rokok.

2.FCTC diinisiasi oleh Negara berkembang,

seperti  Amerika  Latin, India, Thailand termasuk Indonesia.  Karena  konsumsi rokok menjadi masalah global dan jika tidak diatasi secara global, diperkirakan 1 Milyar penduduk dunia akan meninggal pada 2030 dengan 70% di antaranya terjadi di negara berkembang

3.Status FCTC

Sampai Januari 2015, sudah 187 negara yang menandatangani FCTC dan menyisakan 9 negara yang  belum, yaitu Andora, Eriteria, Liechtenstein, Malawi, Monako, Somalia, Republik Dominika, Sudan Selatan  dan satu-satunya Negara dari Asia yaitu Indonesia.

4.Mengapa Indonesia tidak tandatangan FCTC?

Sebenarnya pada tahun 2003, Menteri Kesehatan sudah bersiap menandatangani FCTC di New York. Namun , ketika di Bandara diminta pulang oleh Presiden Megawati. Diduga karena tekanan dan inervensi industri rokok yang tidak ingin Indonesia tandatangan FCTC. Pada masa Presiden SBY, FCTC sudah dibahas dan disetujui untuk ditandatangan. Namun sampai akhir pemerintahnyya belum juga ditandatangani.

5.Mengapa Indonesia harus tandatangan FCTC?

Karena merokok terbukti merupakan faktor resiko berbagai penyakit yang menyebabkan kematian. Pada tahun 2010, ada 200 ribu kematian. Setiap tahun jumlah perokok di Indonesia meningkat, pada tahun 2012 mencapai  62,3 juta. Menduduki tempat ketiga dunia setelah  Cina dan India. 70% perokok  mulai merokok sebelum usia 19 tahun. 150 juta penduduknya terpapar asap rokok orang lain.  Dan iklan rokok sangat massive membujuk remaja untuk merokok, 99,6% remaja melihat iklan rokok.

6.Kalau dibiarkan apa akibatnya ?


Indonesia akan diserbu pemasaran industri rokok multinasional. Yang akan meningkatkan jumlah perokok pemula yaitu anak-anak dan remaja. Sehingga Indonesia tidak bisa menikmati “bonus demografi” pada 2020 - 2030. Karena anak-anak yang menjadi perokok dan terpapar asap rokok akan menjadi penduduk produktif tapi sakit-sakitan sehingga menjadi beban ekonomi pada tahun 2020. Dan Indonesia akan kehilangan harkat dan martabat sebagai sebuah Negara berdaulat karena tidak mampu melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakatnya.

Penjelasan lebih lengkap tentang bonus demografi :

Manfaat bonus demografi bagi indonesia

7.Kalau Indonesia tandatangan FCTC?

Anak-anak dan remaja akan mendapat perlindungan dari  paparan asap rokok, serbuan iklan promosi dan sponsor rokok, akses rokok yang ketat, edukasi publik tentang bahaya rokok,  pelayanan berhenti merokok. Sehingga mencegah bertambahnya perokok anak dan remaja, meningkatkan  kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk mencapai bonus demografi dan  Indonesia menjadi Negara yang berdaulat dan bermartabat karena melindungi dan meningkatkan derajat kesehatan warganya 



0 komentar:

Posting Komentar

Paling Terkenal

Diberdayakan oleh Blogger.